Thursday, December 16, 2010

8 Langkah Perawatan Untuk Rambut Kering




Ketika Rambut menjadi kusam, kering, dan rusak di antaranya karena sebab-sebab berikut.

1. di bawah sinar matahari langsung dalam waktu lama.
2. Pengeringan rambut secara berlebihan dgn handuk sehabis mandi atau keramas.
3. Menyisir rambut dgn cara tidak tepat, misalnya menyisir rambut dalam keadaan basah atau menggunakan sisir bergigi rapat.
4. Pewarnaan rambut yg tidak sesuai ketentuan.
5. Penggunaan zat kimia salon dan make up yg berlebihan.

Ciri-ciri Rambut rusak terlihat dari warnanya yg kusam kemerah-merahan. Rambut juga terkesan kering dan ujung-ujungnya bercabang. Kalau sudah begini, biasanya disusul dgn rambut rontok.


Supaya rambut tidak kusut, kering, dan gampang rontok, ada baiknya Anda mengikuti cara perawatan rambut kering berikut ini.

1. Hentikan Sejenak Rambut Anda dari Penataan
Saat menata rambut, kita tidak bisa menghindari penggunaan alat-alat yg membuat rambut menjadi kering, misalnya alat pengeriting rambut, blow dryer, sasak, dan sejenisnya.

2. Jangan Mengikat Rambut saat Istirahat atau Tidur
Beberapa orang memiliki kebiasaan ini, tidur dgn mengikat rambut. Padahal, ini kurang baik utk kesehatan rambut karena rambut sudah cukup lelah diikat selama seharian Anda beraktivitas.

3. Hindari Keramas Setiap Hari
Secara alami, rambut memproduksi zat semacam minyak. Kadarnya berbeda-beda utk tiap-tiap orang.

Namun, utk pemilik rambut kering, hal ini justru semakin membuat rambut kusut, kusam, dan gampang rontok. Jadi, keramaslah dua hari sekali, itu sudah cukup.

4. Jangan Menggaruk Kulit Kepala Berlebihan saat Keramas
Menggaruk kepala sering kita lakukan saat keramas utk memastikan rambut bersih dari kotoran. Namun, menggaruk dgn cara berlebihan bisa merusak kulit kepala sehingga mengurangi pelembap alami rambut yg dihasilkan kulit kepala.

5. Hindari Membilas Rambut dgn Air Panas

Perlu diketahui bahwa membilas rambut dgn air panas bisa merusak rambut. Oleh karena itu, lebih baik jika Anda tetap membilas rambut menggunakan air dingin.

6. Perhatikan Cara Menyisir yg Baik
Kita sering melakukan cara yg salah dalam menyisir rambut, yaitu menyisirnya dalam keadaan basah atau menggunakan sisir bergigi rapat.

Rambut kering dalam keadaan basah menjadi sedikit rapuh. Menyisirnya dalam keadaan seperti ini bisa menyebabkan rambut patah dan rontok. Apalagi, jika menggunakan sisir bergigi rapat.

Cara yg baik adalah membiarkan rambut Anda kering alami sebelum Anda menyisirnya.

7. Menggunakan Kondisioner dgn Tepat
Kondisioner adalah pelembab rambut. Biasanya, digunakan setelah keramas. Kondisioner biasa digunakan utk mengatasi rambut kering. Namun, kalau penggunaannya tidak tepat, hasilnya menjadi kurang baik. Pastikan sampo sudah benar-benar terbilas bersih sebelum Anda menggunakan kondisioner.

8. Dalam Perawatan rambut Gunakan Masker jika Rambut Benar-benar Kering dan Rusak
Beberapa masker dan obat-obatan. Di antaranya sebagai berikut.

a. Minyak Zaitun
b. Minyak Esensial
Minyak esensial merupakan kombinasi minyak zaitun dingin dan minyak rosemary. Yg wajib diperhatikan, jangan menggunakan minyak rosemary saat hamil karena minyak ini memiliki pengaruh kurang baik terhadap kandungan.
c. Madu
d. Buah Alpukat


Sumber: www.anneahira.com
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, usaha, Iklan Baris

No comments:

Post a Comment